Trump Terima Undangan Erdogan untuk Kunjungi Turki pada 2019

Juru bicara pemerintah Turki, Ibrahim Kalin menyatakan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump telah menerima undangan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan untuk mengunjungi Ankara.

Kalin menjelaskan, Trump ingin ke Turki pada 2019 namun tanggal pastinya belum ditentukan. Gedung Putih mengonfirmasi undangan untuk Trump agar berkunjung tahun depan ke Turki.

“Meski belum ada rencana pasti, presiden terbuka untuk potensi pertemuan di masa depan,” papar pernyataan Gedung Putih, dilansir dari Al Jazeera.

Trump telah menjamu Erdogan di Gedung Putih pada Mei tahun lalu. Kalin menjelaskan, Erdogan memberikan undangan itu saat telepon akhir pekan antara kedua presiden terkait penarikan pasukan AS dari Suriah yang diumumkan Trump pekan lalu.

Juru bicara kepresidenan menyatakan, delegasi militer AS akan mengunjungi Turki pekan ini untuk menggelar perundingan mengenai isu itu.

“Mereka akan membahas bagaimana mengkoordinasikan penarikan dengan mitra mereka,” ujar Kalin.

Trump menyatakan di Twitter bahwa dia memiliki pembicaraan melalui telepon yang lama dan produktif dengan Erdogan yagn membahas penarikan personil militer AS secara lambat dan terkoordinasi.

“Kami mendiskusikan ISIS, keterlibatan kami di Suriah, dan penarikan pasukan AS secara lambat serta sangat terkoordinasi dari wilayah itu. Setelah beberapa tahun mereka kembali ke rumah,” ungkap Trump.

Trump menyatakan dia dan Erdogan juga membahas perluasan perdagangan antara AS dan Turki setelah hubungan kedua negara memburuk akibat berbagai isu.

“Saya memiliki telepon produktif dengan Donald Trump hari ini, di mana kami sepakat memperkuat koordinasi pada berbagai isu, termasuk hubungan perdagangan kami dan perkembangan di Suriah,” papar Trump.

 

 

 

 

 

 

Sumber : akurat.co
Gambar : Kricom.id

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *