Sule Dulu Jualan Bakso Kini Miliarder

Menjadi entertainer sukses, tak pernah dibayangkan Sule. Ketika bocah, dia melalui masa-masa sulit. Mulai dari berjualan jagung, membantu ayah dagang bakso, dilakoninya. Sule tidak sadar punya bakat melawak. Dia hanya tahu pembeli banyak yang ngakak mendengar celetukannya.

Sule punya nama asli Entis Sutisna. Saat kecil ia kerap mengelap ingus, hingga ayahnya pun menyebut dia ‘susut leho’ atau mengelap ingus dan disingkat Sule.

Pria yang lahir di Bandung, Jawa Barat, 15 November 1976 itu kini menikmati kesuksesannya di panggung hiburan. Rezeki pun mengalir deras.

Ayah empat anak ini memang punya talenta kuat hingga membuat ia layak disejajarkan dengan Tukul Arwana, Komeng, Eko Patrio, Parto, maupun Olga Syahputra yang sempat dinobatkan sebagai 5 pelawak permahal di Indonesia.

Kesuksesan alumnus STSI Bandung ini bukan diraih dengan mudah. Hidup prihatin sempat dirasakan pria berambut pirang panjang ini selama bertahun-tahun. Sule berangkat dari keluarga sederhana. Orangtuanya adalah pedagang bakso di Cimahi. Setiap malam Sule kecil membantu berjualan jagung rebus dan bakso keliling kompleks perumahan.

“Sama almarhum Abah (bapak), saya keliling jual bakso, jual jagung sampai malam, saya sabar dan ikhlas saja karena dengan kayak gitu saya bisa sukses,” cerita Sule belum lama ini.

Ketika melayani pembeli, Sule kerap membanyol hingga membuat orang terpingkal-pingkal. Sule masih belum menyadari kalau ia punya bakat melawak.

MULAI MELAWAK

Di tengah kesulitan ekonomi, Sule memberanikan diri menikah dengan gadis pujannya, Lina, pada tahun 1997 dan tetap memenuhi job melawak. Namun penghasilan dari melawak tidak menentu. Pasangan ini pun berdagang ayam goreng dan berjualan kebaya.

“Penghasilannya cuma Rp 20.000 sehari. Belanja sayur, sebagian lagi beras, sabun, dan untuk jajan anak, nggak cukup,” papar dia.

Pada tahun 2004, Sule bersama dua kawannya, Ogi Suwarna dan Obin Wahyudin yang tergabung dalam grup lawak SOS, mengikuti audisi pelawak ‘API’. Grup ini keluar sebagai juara. Sule juga meraih juara pertama variety show ‘Superstar Show’ dan mendapat hadiah mobil. Di sinilah bintang Sule mulai bersinar.

“Awal mula saya jadi pelawak itu, antara percaya dan nggak percaya. Alhamdulilah bakat memang mendukung dan Allah kasih jalan job di televisi. Saya bersyukur bisa terkenal,” tutur Sule, belum lama ini.

Dia semakin dikenal via acara Opera Van Java di Trans7 bersama Andre Taulany, Parto, Nunung dan Azis Gagap. Sule mengakui karirnya semakin moncer saat ada program acara ‘Awas Ada Sule’ di Global TV dan ‘Ini Talk Show’ Net TV.

Rezeki pun terus mengalir. Sule yang sudah kenyang hidup susah, mulai merasakan punya uang banyak. Dulu dia tinggal di rumah petak kontrakan. “Dulu boro-boro hidup senang, makan dan bayar kontrakan saja, sering minjem tetangga, sekarang Alhamdulilah sudah bisa bahagiain keluarga.”

 

 

 

 

 

Sumber : tempo.co
Gambar : KapanLagi.com

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *