Badai Salju Melanda AS, Tiga Warga Meninggal Dunia

Sedikitnya tiga orang meninggal dunia dan ribuan rumah tidak mendapatkan pasokan listrik karena badai salju di sebagian wilayah AS tenggara.

Satu orang meninggal dunia akibat sakit jantung saat menuju tempat pengungsian. “Sedang perempuan yang sakit meninggal dunia karena tabung oksigennya tidak bisa bekerja,” kata Gubernur North Carolina Roy Cooper. Seorang pengendara mobil tewas ketika mobilnya tertimpa pohon.

Lebih dari 76.000 pelanggan tidak mendapatkan pasokan listrik kemarin. Sebelumnya pada Senin lalu, 220.000 orang tidak mendapatkan pasokan listrik. “Dengan campuran salju, es, dan hujan masih terjadi di beberapa wilayah. Kondisi berbahaya masih terjadi di negara bagian kita,” kata Cooper dilansir CNN.

Dia mengungkapkan, badai paling buruk melanda North Carolina. “Kita tetap waspada. Kita tidak bisa menghindarinya,” paparnya.

Ancaman cuaca masih menjadi gangguan utama. “Hal paling bahaya adalah ice black, es yang tak bisa terkihat di jalanan. Es itu disebabkan pembekuan ulang akibat lelehan salju,” David Roth, meteorolog di Badan Cuaca Nasional (NWC) di College Park Maryland, dilansir Reuters.

Roth mengungkapkan, sangat berisiko mengendarai mobil di jalanan. Dia menjelaskan cuaca dingin menyebabkan jalanan membeku. “Kondisi seperti itu bisa berlangsung hingga Kamis mendatang,” paparnya.

Dikarenakan jalanan dipenuhi es dan membeku, banyak sekolah diliburkan sejak kemarin di Georgia utara, North Carolina, dan Virgiana. Banyak kantor pemerintahan diliburkan. Hanya kantor urusan darurat saja yang tetap beroperasi untuk umum.

Badai mengakibatkan timbunan salju yang disebut dengan whitetop di pegunungan Appalachian di Virgiana. Sepanjang perbatasan Virgiana-North Carolina juga dipenuhi tumpukan salju.

Ketinggian tumpukan salju mencapai 60 cm dan tergantung wilayahnya. Di Greensboro, North Carolina mencapai 41 cm, Durham di North Carolina mencapai 36 cm.

“Temperatur diperkirakan akan terus membeku hingga Kamis mendatang,” papar Roth. Pada Jumat mendatang diperkirakan akan terjadi hujan.

Tidak ada penundaan penerbangan secara massif. Hanya satu dari empat penerbangan di Bandara Internasional Charlotte/Douglas, bandara tersibuk keenam di AS. Pada Senin lalu, lebih dari 500 penerbangan mengalami pembatalan dan penundaan.

Pada akhir pekan lalu, 3.000 penerbangan dibatalkan karena badai. “Gangguan penerbangan masih menjadi ancaman nyata,” ujar pakar meteorology CNN, Chad Myers.

Di Virginia, ribuan rumah tidak mendapatkan pasokan listrik dan puluhan kendaraan mengalami kecelakaan. Dominion Energy Virginia menyatakan 33.000 pelanggan tidak mendapatkan aliran listrik.

Bukan hanya di North Carolina, jalanan di Virginia juga masih berbahaya. Polisi Negara Bagian Virginia melaporkan 1.177 kecelakaan terjadi selama akhir pekan. Mereka meminta warga untuk bertahan di dalam rumah.

 

 

 

 

Sumber : sindonews.com
Gambar : Republika

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *