Brexit tak Menentu, Bursa Eropa Ditutup Turun Dalam

Bursa saham Eropa terperosok pada perdagangan hari Senin (10/12/2018) menyusul sentimen negatif dari keputusan Perdana Menteri Inggris Theresa May untuk menunda pemungutan suara perjanjian Brexit di parlemen.

Indeks FTSE 100 di London jatuh 0,83% ke posisi 6.721,54, indeks DAX di Frankfurt anjlok 1,54% menjadi 10.622,07, dan indeks CAC 40 di Paris kehilangan 1,47% dan ditutup di 4.742,38.

Indeks Eropa Stoxx 600 terjun bebas 1,8% dengan seluruh bursa dan sektor saham berada di zona negatif.

Saham sektor otomotif, yang rentan terhadap isu perdagangan akibat tingginya ekspor, tergelincir 2,8% di tengah ketegangan perdagangan yang meningkat. Saham Fiat Chrysler jatuh lebih dari 3% sementara Renault dan PeugeotCitroen anjlok masing-masing sekitar 4%, dilansir dari CNBC International.

Sementara itu, poundsterling melemah ke level terendahnya dalam 1,5 tahun terakhir menyusul kabar penundaan pemungutan suara Brexit. Pound diperdagangkan sekitar 1,2548 terhadap dolar pada pukul 16.00 waktu London.

May telah menunda pemungutan suara Brexit di parlemen menyusul kekhawatiran pemerintah akan mengalami kekalahan memalukan. Langkah itu dikonfirmasi oleh pernyataan May kepada anggota parlemen di House of Commons Senin siang.

Ia mengklaim sementara ada dukungan yang luas terhadap kesepakatan yang ia ajukan, isu backstop Irlandia Utara tetap menjadi masalah dan ia akan kembali menemui Uni Eropa untuk merundingkan kembali perjanjian itu.

 

 

 

 

Sumber :  CNBCindonesia.com
Gambar : SINDOnews

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *