Ceko Resmikan Kantor Perwakilan Untuk Israel di Yerusalem

Pemerintah Ceko telah meresmikan kantor perwakilannya untuk Israel di Yerusalem.

Sebuah langkah yang diharapkan kedua negara dapat menjadi awal pemindahan kedutaan besar Ceko untuk Israel ke kota itu.

Acara peresmian yang digelar pada Selasa (27/11/2018) tersebut dihadiri oleh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Presiden Ceko Milos Zeman.

Melansir dari AFP, Rumah Ceko tersebut berfungsi untuk mempromosikan pariwisata dan perdagangan antara kedua negara. Kantor tersebut juga telah dipandang banyak pihak sebagai langkah awal untuk pemindahan sepenuhnya kedutaan besar Ceko dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Namun pemerintah Ceko telah menegaskan bahwa mereka tetap menghormati posisi umum dari Uni Eropa yang menentang langkah tersebut.

“Dalam waktu dekat di masa mendatang, saya sangat percaya dan jauh di dalam hati saya, saya percaya, kami akan mengatasinya,” kaya Zeman dalam pidato saat kunjungannya ke Israel.

“Akan ada, tidak hanya kedutaan tetapi bahkan kedai Ceko yang bagus dengan bir Ceko yang nikmat,” tambahnya.

Zeman telah menjadi pendukung kuat Israel dan sejak lama mendukung upaya pemindahan kedutaan negaranya dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Dalam pidatonya di hadapan parlemen Israel, Zeman mengatakan akan terus mendorong pemindahan tersebut, namun menegaskan bahwa keputusan itu bergantung pada pemerintahannya.

Selain Rumah Ceko, Praha pada bulan Mei juga telah membuka kembali konsulat kehormatannya di Yerusalem, setelah sempat ditutup pada 2016.

 

 

 

 

Sumber : Kompas.com
Gambar : Kompas Internasional

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *