Australia dan AS Akan Bangun Pangkalan AL Bersama di Pulau Manus

Perdana Menteri (PM) Australia Scott Morrison mengatakan keterlibatan AS dalam pembangunan kembali pangkalan angkatan laut gabungan di Pulau Manus didasarkan atas permintaan Papua Nugini.

Ketegangan antara AS dan China meluap selama pidato di KTT APEC di PNG pada hari Sabtu (17/11/2018), dimana Wakil Presiden AS Mike Pence menuduh Beijing telah melakukan diplomasi jebakan utang dan Presiden Tiongkok Xi Jinping memperingatkan AS menentang proteksionisme.

Mike Pence kemudian mengumumkan bahwa AS akan bermitra dengan Australia dan Papua Nugini (PNG) untuk membangun kembali pangkalan angkatan laut Lombrum di Pulau Manus.

Langkah itu dilakukan ketika AS, China dan Australia semua bersaing mendapatkan pengaruh di PNG dan Pasifik, dan seorang analis mengatakan pangkalan AL di Manus akan mendorong pasukan Amerika lebih jauh ke selatan Pasifik daripada yang terjadi dalam beberapa dekade terakhir.

“Ini membawa AS lebih dekat ke Laut China Selatan, tetapi saya pikir itu juga merupakan dorongan signifikan bagi ambisi strategis China di kawasan Pasifik,” kata Jonathan Pryke dari Lowy Institute.

PM Scott Morrison mengatakan pangkalan AL itu berada di wilayah PNG, menambahkan: “Itu sebabnya kami bekerja sama di bawah kepemimpinan mereka”.

“Ini inisiatif mereka dan kami senang menjadi bagian dari itu,” katanya. “Kami akan bekerja dengan negara-negara Kepulauan Pasifik di undangan mereka di mana pun kami memiliki kesempatan itu, konsisten dengan program yang kami jalankan.”

Namun, hanya ada sedikit detail tentang sejauh mana Amerika akan terlibat.

Mike Pence belum mengatakan berapa banyak uang yang akan dikontribusikan oleh Pemerintah Trump, atau apakah kapal-kapal AS akan secara permanen berbasis di Lombrum.

Menteri Pertahanan Australia Christopher Pyne telah mengatakan bahwa armada kapal AL Australia mungkin akan ditempatkan secara permanen di Lombrum berdasarkan kesepakatan itu.

“Semua rincian yang akan kami kerjakan dalam waktu mendatang, dan begitu juga dengan investasi yang akan kami buat,” kata Morrison.

“Tetapi yang penting di sini adalah Pemerintah PNG telah mengundang kami untuk berpartisipasi di Pulau Manus dalam inisiatif Lombrum dan mereka telah mengundang Amerika Serikat untuk melakukan hal yang sama, jadi kami senang bisa bekerja sama.”

 

 

 

 

Sumber : detik.com
Gambar : detikNews

 

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *