Perundingan Kerja Sama Dagang RI-Eropa Rampung 2019

Kementerian Perdagangan (Kemendag) menargetkan ‎perundingan Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU CEPA) rampung pada paruh pertama 2019. Saat ini perundingan tersebut telah masuki putaran ke-6.

Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kemendag, Iman Pambagyo, mengatakan perundingan IEU CEPA merupakan salah satu perundingan paling ambisius dan komprehensif bagi Indonesia.

“Perundingan IEU CEPA adalah salah satu prioritas Indonesia saat ini mengingat besarnya perekonomian dan pasar Uni Eropa dan kerja sama yang dapat dikembangkan bersama kedua pihak,” ujar dia di Jakarta, Kamis (18/10/2018).

Dia menyatakan, dengan jumlah populasi sebesar 516 juta jiwa serta daya beli masyarakatnya yang tinggi, menjadikan Uni Eropa sebagai salah satu mitra penting bagi Indonesia saat ini.

“Kami yakin, perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif dengan Uni Eropa nantinya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, menciptakan lapangan kerja baru dan kesempatan baru bagi UKM, alih teknologi, serta menempatkan Indonesia pada posisi lebih baik dalam mata rantai global,” ujar dia.

Iman menuturkan, perundingan RI-IEU CEPA putaran ke-6 ini mencakup isu runding perdagangan barang, perdagangan jasa, investasi, hak kekayaan intelektual, persaingan usaha dan subsidi.

Kemudian, perdagangan dan pembangunan berkelanjutan, perdagangan barang dan jasa pemerintah, karantina, aturan standar, dan mekanisme penyelesaian sengketa. ‎

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : harnas.co

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *