Gempa Bumi Aceh Hari Ini 5,3 SR, Tak Berpotensi Tsunami

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan, gempa bumi berkekuatan 5,3 skala Richter (SR) terjadi di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, Kamis (18/10). Gempa terjadi pukul 11.29 WIB.

Episentrum atau pusat gempa siang tadi berada di laut, berlokasi 4.72 Lintang Utara, 96.21 Bujur Timur, 30 KM Timur Laut, Kabupaten Aceh Barat, di kedalaman 10 km dan gempa ini tidak berpotensi tsunami.

“Saya tidak merasakan, tahu-tahu ada informasi gempa, beda dengan gempa Senin (15/10) malam. Itu cukup terasa,” kata Edi Syah Putra, salah seorang warga Meulaboh, Ibu Kota Kabupaten Aceh Barat.

Aktivitas masyarakat terlihat tetap normal dan tidak ada kepanikan. Warga yang bersantai di warung kopi serta pertokoan jalan nasional terpantau seakan tidak merasakan apa pun dampak dari gempa kedua dalam sepekan ini.

Namun, sekitar 10 menit berselang, listrik di wilayah Kota Meulaboh tiba-tiba padam. Warga pun bertanya-tanya, sementara pihak PT PLN belum bisa dikonfirmasi. Sejauh ini, tidak ada kepanikan ataupun bangunan yang rusak.

“Ini gempanya dalam, jadi energi yang dilepas tidak begitu besar. Saya sendiri saja tidak terasa,” ujar prakirawan BMKG Stasiun Meulaboh, Angga Yudha, di Nagan Raya.

Pada Senin (15/10) malam Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat juga digoyang gempa berkuatan 5,4 SR pada pukul 23.26 WIB. Gempa menjelang dini hari itu sempat membuat warga berhamburan keluar rumah meskipun goyangannya hanya sekali entakan.

 

 

 

 

 

Sumber : republika.co.id
Gambar : Tribunnews.com

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *