Menlu Retno Marsudi Ikuti Aksi Jalan Bagi Kemerdekaan Palestina

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, bersama dengan Menteri Luar Negeri Palestina Riyad al Maliki, terlibat dalam acara bertajuk Walk for Peace and Humanity, Minggu, 14 Oktober 2018. Acara ini untuk menyebarkan pesan bahwa Palestina tidak sendirian dalam memperjuangkan kemerdekaannya.

“Kita berjalan bersama pagi ini untuk tunjukan bahwa Palestina tidak akan pernah sendiri dalam perjuangannya mendapatkan kemerdekaan, Mimpi Palestina adalah Mimpi Indonesia juga” kata Retno.

Selain Menlu Palestina, acara itu juga dihadiri Ketua Komisi I – Abdul Kharis Almasyhri, para tokoh lintas agama dan lebih dari 2.000 masyarakat Indonesia. Mereka bersama-sama melakukan aksi jalan kaki sejauh 1,2 km hingga titik akhir di Monumen Selamat Datang, Bundaran HI, Jakarta.

“Jalan menuju monumen selamat datang menjadi simbol langkah solidaritas, dukungan dan komitmen Indonesia bersama Palestina agar dapat mengucapkan selamat datang kepada negara Palestina yang merdeka” kata Retno.

Kementerian Luar Negeri dalam keterangannya menulis, acara Walk for Peace and Humanity diselenggarakan untuk memperkuat solidaritas dan memperdalam pemahaman masyarakat terhadap kontribusi dan peran Indonesia untuk perjuangan kemerdekaan Palestina. Kegiatan ini juga ditujukan untuk menggemakan dukungan Indonesia bagi kemerdekaan Palestina.

Usai melakukan aksi jalan bersama sejauh 1,2 kilometer, acara pada Minggu pagi, 14 Oktober 2018 itu, juga diisi dengan interaksi publik antara kedua Menlu. Penampilan artis ibukota dan pembacaan puisi dilakukan untuk memeriahkan acara ini.

Walk for Peace and Humanity adalah bagian dari rangkaian Indonesian ‘Solidarity Week for Palestine’ yang diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri RI dari 13-17 Oktober 2018 atau bertepatan dengan kunjungan Menlu Palestina ke Indonesia. Rangkaian kegiatan ini menjadi wujud kesinambungan komitmen Indonesia untuk Palestina dan meningkatkan pemahamaan dan kepedulian bangsa Indonesia atas perjuangan bangsa Palestina.

 

 

 

 

Sumber : Tempo.com
Gambar : Viva

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *