Timnas U-16 Indonesia Vs India, Garuda Asia Lolos ke Perempat Final

Timnas U-16 Indonesia berhasil melaju ke babak perempat final setelah bermain imbang 0-0 melawan India pada pertandingan babak penyisihan Grup C Piala Asia U-16 atau Piala AFC U-16 2018 di Stadion Bukit Jalil, Malaysia, Kamis (27/9/2018). Pada babak pertama, Indonesia sudah menyerang pertahanan India terlebih dahulu. Dimulai pada menit ketiga, kapten timnas U-16 Indonesia, David Maulana, melakukan tendangan langsung ke arah gawang India, tetapi masih melambung.

India balik mengancam pada menit kelima lewat sundulan sang kapten, Vikram Partap Singh, tetapi masih melambung di atas gawang Ernando. Pada menit ke-13, kapten David Maulana kembali melakukan tendangan dari luar kotak penalti, tetapi masih menyamping di sisi gawang India. Garuda Asia, julukan timnas U-16 Indonesia, kembali mendapat peluang. Kali ini lewat Sutan Zico. Mendapat umpan jarak jauh, Zico berhasil menguasai bola dan melakukan tendangan, tetapi masih melambung. India pun bukan tanpa ancaman.

Pada menit ke-19, dari sisi kanan pertahanan Indonesia, pemain India bisa merangsek masuk ke kotak penalti dan melakukan tendangan. Beruntung barisan bek Indonesia bisa menghalau tendangan pemain lawan. Bagus Kahfi berkali-kali mendapatkan peluang, tetapi belum bisa mengonversikan peluang tersebut menjadi gol. Hingga babak pertama berakhir, skor masih bertahan 0-0. Dilanjutkan pada babak kedua, kedua tim masih berusaha membongkar pertahanan masing-masing lawan.

Kedua pelatih belum melakukan pergantian pemain. Pada menit ke-48, pemain India, Shabas, mendapat kartu kuning setelah melakukan pelanggaran keras terhadap Yudha. Setelah itu, India melakukan beberapa usaha yang mengancam gawang Ernando. Beruntung, tendangan dari pemain India masih melambung di atas gawang Indonesia. Pada menit ke-55, pemain India, Bikash, mendapat kartu kuning setelah melanggar Supriadi.

Setelah itu, giliran pemain Indonesia, Andre Oktaviansyah, yang mendapat kartu kuning pada menit ke-62 setelah mengalami benturan dengan pemain India. India mendapatkan peluang pada menit ke-63 melalui tendangan Ridge, tetapi tendangannya masih melebar dari gawang Indonesia. India kembali mendapatkan peluang pada menit ke-72, tetapi tendangan Ricky Shabong belum mengarah ke gawang Indonesia yang tidak dijaga oleh Ernando Ari Sutaryadu.

Pada menit ke-86, Indonesia mendapatkan peluang melalui tendangan jarak jauh dari Brylian Aldama. Namun, bola masih melambung tinggi dari gawang India. Hingga pertandingan berakhir, skor masih bertahan 0-0. Dengan hasil ini, Indonesia berada di puncak klasemen Grup C, sedangkan India berada pada posisi kedua. Baik Indonesia maupun India berhasil melaju ke babak perempat final Piala Asia U-16 2018.

Berikut susunan pemain timnas U-16 Indonesia:

Kiper: Ernando Ari Sutaryadu;

Belakang: Komang Teguh Trisnanda, Fadillah Nur Rahman, Mochamad Yudha Febrian, Amiruddin Bagas Kaffa;

Tengah: David Maulana, Brylian Aldama, Andre Oktaviansyah;

Depan: Amiruddin Bagus Kahfi, Mochamad Supriadi, Sutan Zico

Pelatih: Fakhri Husaini

 

 

 

 

Sumber Berita : kompas.com
Sumber foto : Kompas Bola

 

 

[social_warfare buttons = “Facebook, Pinterest, LinkedIn, Twitter, Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *