PBB Dukung Inisiatif Damai Korut-Korsel

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Antonio Guterres menyatakan bahwa pihaknya siap memfasilitasi inisiatif penyelesaian nuklir dan perdamaian Korea Utara (Korut) dan Korea Selatan (Korsel). Hal ini diungkap usai pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in melakukan pertemuan dan kesepakatan pembicaraan di Pyongyang, Korut. Dalam pernyataannya, Guterres menyebut PBB siap untuk “membantu lebih lanjut kedua pihak dengan cara yang mereka anggap tepat,” seperti diungkap kata juru bicara PBB Stephane Dujarric dalam pernyataan resmi, Rabu (19/9).

Guterres juga menyambut hasil pertemuan puncak antara para pemimpin Korea Utara dan Korea Selatan itu. Ia menyatakan bahwa tindak lanjut dari pertemuan itu perlu segera diwujudkan dalam tindakan nyata. Sebelumnya, Moon melakukan kunjungan kenegaraan ke Korea Utara. Dalam kunjungannya itu, Presiden Korut Kim Jong Un menyatakan persetujuannya untuk melakukan kunjungan ke Korea Selatan. Ia juga sepakat untuk menutup situs pengetesan misil di depan inspektor internasional dalam pertemuan dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in di Pyongyang.

Dalam kesepakatan kedua negara, Korut juga mengatakan akan menutup permanen tempat pengujian mesin rudal dan fasilitas peluncuran di Tongchang-ri “di hadapan para ahli dari negara-negara yang relevan”. Moon juga menghimbau agar kedua Korea kembali bersatu dan mendapat tepuk tangan meriah dari hadirin. Semakin baiknya hubungan kedua negara ditandai dengan itikad baik membuat fasilitas untuk mempertemukan keluarga yang terpisah di kedua negara kapan saja. Mereka juga akan bekerjasama membangun jaringan jalan dan kereta api untuk Olimpiade pada 2032.

 

 

 

 

Sumber Berita : cnnindonesia.com
Sumber foto : Mata Mata Politik

 

 

[social_warfare buttons = “Facebook, Pinterest, LinkedIn, Twitter, Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *