Draghi : Instrumen Fiskal Zona Euro Untuk Melawan Krisis

Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi mengatakan pada hari Rabu, Zona euro membutuhkan instrumen fiskal baru dan pembagian risiko lebih umum untuk melawan jenis krisis yang telah meninggalkan bekas luka abadi pada ekonomi blok mata uang dan masyarakat.

Mengatasi debat politik yang tampaknya terhenti, Draghi mengatakan hanya langkah besar menuju integrasi lebih lanjut yang dapat mendorong pertumbuhan dan produktivitas, mengurangi kelesuan ekonomi yang mempertanyakan proyek Eropa.

Jerman telah bertahun-tahun menentang banyak langkah yang diadvokasi oleh ECB, khawatir bahwa integrasi yang lebih dekat dapat memaksa pembayar pajaknya untuk membayar tagihan atas hutang pemerintah dan bank asing.

Tetapi Draghi mengatakan berbagi risiko meningkatkan kepercayaan dan stabilitas, dan ia menambahkan bahwa cara untuk mencapainya adalah dengan menciptakan alat fiskal umum yang akan melawan spekulasi pasar selama krisis, ketika investor cenderung mundur dari negara-negara yang terkena dampak.

“Harus ada instrumen yang melengkapi kebijakan moneter dalam memberikan stabilitas makroekonomi baik di tingkat kawasan euro dan, yang terpenting, di masing-masing negara anggotanya,” kata Draghi.

Draghi awalnya berencana untuk memanggil alat yang “cukup besar”, sesuai dengan teks pidato yang diterbitkan oleh ECB, tetapi dia muncul untuk merendahkan pesannya pada saat terakhir karena dia hanya meminta instrumen “cukup” dalam ukuran.

Pemerintah baru Italia telah menantang peraturan fiskal Uni Eropa dalam beberapa minggu terakhir, membahas secara terbuka gagasan melebihi batas defisit dan bahkan menyarankan bahwa ECB dapat memberikan dukungan lebih lanjut.

Tetapi Draghi tampaknya menolak gagasan itu, dengan alasan bahwa blok itu perlu menghidupkan kembali keyakinan dalam aturan fiskal dengan membuat keduanya lebih kontra-siklus dan lebih mengikat.

Dia juga menyerukan pasar tunggal yang lebih terintegrasi, mengatakan bahwa perdagangan terbuka meningkatkan pertumbuhan dan dalam waktu meningkatnya proteksionisme, perdagangan internal bisa menjadi lebih penting.

“Menurut satu perkiraan, menghapus semua hambatan untuk perdagangan dapat meningkatkan pendapatan Uni Eropa hingga 14 persen selama 10 tahun dan perdagangan intra-UE ganda,” kata Draghi.

“Dalam lingkungan internasional di mana keterbukaan perdagangan tidak bisa lagi diterima begitu saja, pasar internal yang luas dan mendalam mungkin menjadi lebih penting untuk melindungi kita dari guncangan eksternal,” tambahnya.

Berbicara dalam diskusi panel di konferensi yang sama, Menteri Keuangan Jerman Olaf Scholz meminta pemerintah zona euro untuk menyetujui tahun ini pada langkah selanjutnya untuk menyelesaikan serikat perbankan untuk membuat blok mata uang tunggal yang tangguh untuk krisis berikutnya.

“Akan sangat disayangkan jika kami belum membuat semua instrumen yang diperlukan saat itu terjadi,” kata Scholz.

“Jadi saya benar-benar yakin bahwa kita tidak punya waktu dan itu akan menjadi kemajuan besar jika kita berhasil tahun ini dengan langkah yang paling penting, langkah selanjutnya untuk serikat perbankan, dan untuk menyepakati orang-orang yang harus datang setelah itu, ”tambahnya.

 

 

 

 

Sumber Berita : reuters.com
Sumber foto :     News Topgrowth Futures

 

 

[social_warfare buttons = “Facebook, Pinterest, LinkedIn, Twitter, Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *