Sugianto Rela Dirias demi Emas Asian Games 2018

Pesilat putra Indonesia Sugianto mengaku rela wajahnya dipoles dengan riasan demi mendapatkan medali emas Asian Games 2018.

Berbeda dengan wushu, pencak silat tidak mewajibkan atletnya untuk merias wajah. Terlebih, Sugianto adalah laki-laki yang kebiasaannya jauh dari make up layaknya perempuan.

Sebelum mulai bertanding Sugianto yang kini sudah 29 tahun minta didandani salah seorang atlet putri pelatnas pencak silat lainnya.

Di pencak silat, hal yang wajib harus diikuti para atletnya hanya memakai aksesoris kain dan ikat kepala.

“Make-up itu enggak wajib. Tapi saya mau dirias biar kelihatan bersih saja mukanya, terus biar kelihatan ekspresinya,” kata Sugianto kepada CNNIndonesia.com di Padepokan Pencak Silat TMII, Rabu (29/8).

Fokus make up Sugianto ada di mata. Buah tangan cekatan salah satu pesilat putri Indonesia mulai melukis alis Sugianto supaya lebih rapi dan tegas.

Selain itu kelopak matanya juga dibubuhkan eye shadow. Sudut matanya juga digariskan dengan eye liner supaya terlihat lebih tegas. Tak lupa foundation, bedak dan perona pipi kemerahan di area wajah supaya wajah Sugianto lebih terlihat bersih di hadapan juri yang menilai.

Sentuhan terakhir ada di bibir yang ditutupi lip stick berwarna merah muda. Penampilannya mirip wanita bersolek yang hendak pergi ke acara spesial.

“Fokusnya di mata ada penilaian ekspresi. Sebenarnya enggak terlalu ada perbedaan make up dengan tanpa make up, yang membedakan itu ekspresinya. Make up itu kan biar memperkuat ekspresinya saja. Walau tanpa make up saya juga sudah berekspresi,” jelas Sugianto.

Sebenarnya, Sugianto yang sudah beristrikan Anita Permatasari itu merasa risih dengan make up yang digunakannya. Tapi, ia pasrah demi totalitas penampilan dan medali emas buat Indonesia.

Kendati demikian, tak semua turnamen diikuti Sugianto dengan make up. Ia hanya mengkhususkan make up buat tampil di kejuaraan penuh gengsi, seperti Asian Games 2018 di mana Indonesia jadi tuan rumahnya.

“Tergantung, kalau kejuaraannya sangat bergengsi kalau bisa ya pakai make up. Kalau untuk saya, make up menambah pede (percaya diri) juga. Jadi saya bisa mengeluarkan ekspresi muka saya lebih tajam lebih percaya diri lagi,” ujarnya.

 

 

 

 

Sumber Berita : cnnindonesia.com
Sumber foto : CNN Indonesia

 

[social_warfare buttons = “Facebook, Pinterest, LinkedIn, Twitter, Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *