Asian Games Dongkrak Omzet Smesco Melesat 110 Persen

Omzet Smesco Indonesia melesat lebih dari 100 persen. Peningkatan omzet ini ditopang oleh Asian Games 2018, lantaran Smesco menjadi salah satu official merchandise store.

Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Emilia Suhaimi mengaku senang dengan respons positif dari atlet, ofisial, maupun para pendukung terhadap produk-produk yang dijual oleh Smesco Indonesia.

“Sudah banyak produk-produk UKM yang dibeli oleh delegasi dari berbagai negara,” ujarnya, seperti dikutip dari Antara, Minggu (26/8).

Ajang olahraga Asian Games, sambung dia, terbukti ampuh mendongkrak omzet dan penjualan dari produk UKM Smesco Indonesia.

Lihatlah, selama lima hari pelaksanaan Asian Games, omzet tercatat tumbuh 110,8 persen.

“Pertumbuhan omzet month to month (bulan ke bulan) Agustus dibanding Juli 110,8 persen,” imbuh Emilia.

Diharapkan, melalui delegasi atlet dan ofisial peserta Asian Games yang berbelanja di Smesco Indonesia, produk UKM dapat dipromosikan ke berbagai negara.

Kendati omzetnya melesat, ia mengaku kepedulian Dinas Koperasi dan UKM berbagai daerah masih belum optimal. Hal itu tercermin dari kurang cepatnya respons pelaku usaha untuk memutar sirkulasi produk-produk UKM yang habis atau hampir habis.

Akibatnya, promosi produk unggulan dari daerah-daerah yang banyak diminati pembeli menjadi terkendala.

“Dinas Koperasi kurang sadar. Padahal, ini (Smesco) sangat membantu produk unggulan UKM dari daerahnya. Tapi, mereka kurang serius dan ogah-ogahan. Seolah-olah ini sebagai kerja tambahan bagi mereka, terutama dari Daerah Sulawesi Utara,” terang Emilia.

Di sisa waktu penyelenggaraan Asian Games yang tinggal beberapa hari, ia berharap peran dan komitmen pemerintah daerah melalui Dinas Koperasi dapat ditingkatkan.

Toh, produk UKM yang dititipkan kepada Smesco menjadi pintu masuk bagi pelaku usaha di daerah untuk mengembangkan produknya ke pasar ekspor.

 

 

 

 

Sumber Berita : cnnindonesia.com
Sumber foto : Tangerang Online

 

 

[social_warfare buttons = “Facebook, Pinterest, LinkedIn, Twitter, Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *