BI Naikkan Suku Bunga Acuan, Sri Mulyani Mendukung

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pemerintah mendukung langkah Bank Indonesia menaikkan suku bunga acuannya sebanyak 25 basis poin menjadi 5,5 persen. Ia menilai itu adalah langkah BI untuk melaksanakan mandatnya menjaga stabilitas ekonomi nasional.”Kami sepenuhnya mendukung,” ujar Sri Mulyani di The Westin, Jakarta Selatan, Rabu, 15 Agustus 2018. Menurut dia, saat ini Indonesia memang perlu menjaga kepercayaan pasar tanpa mengganggu momentum pertumbuhan ekonomi.

BI memutuskan untuk menaikkan suku bunga BI 7 day reverse repo rate sebesar 25 basis points (bps) menjadi 5,5 persen. Suku bunga deposit facility dan suku bunga lending facility, masing-masing juga naik sebesar 25 bps menjadi 4,75 persen dan 6 persen. “Rapat Dewan Gubernur BI pada 14-15 Agustus 2018 memutuskan untuk menaikkan BI 7 days repo rate sebesar 25 bps menjadi 5,5 persen,” ujar Gubernur BI Perry Warjiyo di Bank Indonesia.

Keputusan tersebut, kata Perry, dilakukan untuk mempertahankan daya saing pasar keuangan dan menjaga defisit transaksi berjalan. Selain itu, Perry mengatakan ketidakpastian ekonomi global juga meningkat di tengah dinamika pertumbuhan ekonomi dunia yang tidak merata. Sri Mulyani berharap kenaikan suku bunga acuan bank sentral itu bisa menyebabkan stabilitas pada nilai tukar rupiah. Selain itu, dia berharap kenaikan suku bunga acuan itu bisa menjadi momentum dalam menjaga pertumbuhan ekonomi yang pada triwulan II bisa menembus 5,27 persen.

 

 

 

 

Sumber Berita : tempo.co
Sumber foto : Okezone Ekonomi

 

 

 

[social_warfare buttons = “Facebook, Pinterest, LinkedIn, Twitter, Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *