Juara Dunia Renang, Xu Jiayu Siap Borong 5 Emas Asian Games 2018

Juara dunia renang dari Cina, Xu Jiayu, mengungkapkan tekadnya untuk meraih lima medali emas pada Asian Games 2018 yang akan berlangsung di Jakarta pada 18 Agustus – 2 September 2018.

Xu Jiayu pada Asian Games sebelumnya di Incheon 2014 masih jadi pendatang baru. Ia kemudian tampil mengejutkan ketika ia menjadi runner-up pada Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Setahun berikutnya pada kejuaraan dunia renang di Budapest 2017 ia menjuarai nomor 100 meter gaya punggung putra.

“Saya berharap performa saya lebih bagus dan dapat memecahkan rekor dunia di 100 meter. Saya juga ingin meraih medali emas sebanyak mungkin di Jakarta nanti, diharapkan sampai lima emas,” kata Xu.

Dalam Asian Games 2018, yang akan berlangsung di Stadion Renang Gelora Bung Karno Jakarta, ia akan tampil pada nomor 50 meter, 100 meter dan 200 meter gaya dada, serta dua nomor estafet.

“Waktu Asian Games 2014 saya terlalu gugup sehingga penampilan saya kurang bagus ketika itu. Saya banyak belajar dari pengalaman itu, dan juga dari Olimpiade serta kejuaraan dunia. Kini saya lebih percaya diri,” kata Xu seperti dikutip Xinhua.

Tidak seperti perenang Cina lainnya yang banyak berlatih di luar negeri, Xu tetap berlatih di Cina. Ia diarahkan pelatih lamanya, Xu Guoyi, yang juga pelatih juara Olimpiade dua kali Ye Shiwen.

“Asian Games seperti sasaran antara bagi kami, dan tujuan utamanya adalah Olimpiade Tokyo 2020,” kata Xu, yang akan genap berusia 23 pada 19 Agustus nanti.

Pada cabang renang Asian Games, Xu bakal menjadi ancaman bagi perenang andalan Indonesia Gde Siman Sudartawa di gaya punggung.

 

 

 

Sumber Berita : tempo.co
Sumber foto : Asian Games 2018 – Tempo.co

[social_warfare buttons = “Facebook, Pinterest, LinkedIn, Twitter, Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *