Warga Jepang Menggugat, 70 Ribuan Orang Protes Relokasi Pangkalan Militer AS di Okinawa

Sekitar 70 ribuan orang melakukan protes menanggapi rencana pemerintah Jepang yang akan merelokasi pangkalan udara AS di Pulau Okinawa. Penduduk setempat mengatakan bahwa pangkalan itu akan merusak lingkungan dan mereka juga mengklaim telah melakukan banyak pengorbanan untuk aliansi keamanan Jepang. Dilansir dari laman Russia Today, Senin (13/8/2018), para demonstran berkumpul di sebuah taman di ibukota perfektur Naha pada Sabtu lalu.

Mereka mendesak pemerintah pusat agar membatalkan rencana untuk mentransfer Korps Marinir AS dari kota yang padat di Ginowan ke daerah pesisir yang berpenduduk sedikit di Nago. Warga Okinawa ingin memblokir rencana pemerintah yang hendak menimbun tanah ke Teluk Henoko dalam beberapa hari ke depan untuk membuat lokasi baru. Sejumlah kelompok yang memiliki concern pada sektor lingkungan mengatakan bahwa konstruksi di teluk beresiko menimbulkan kerusakan pada karang dan ikan duyung, mamalia laut yang hampir punah.

Perlu diketahui, perfektur ini sudah menjadi rumah bagi sebagian besar fasilitas militer AS dan sekitar setengah dari 50 ribu tentara AS telah berada di Jepang.
Pemerintah Jepang berpikir bahwa pangkalan itu diperlukan bagi Jepang untuk mempertahankan pencegahan ancaman keamanan yang telah dirasakan oleh basis militer AS. Sedangkan warga Okinawa melihatnya sebagai beban yang mereka anggap sangat tidak adil.

 

 

 

 

Sumber Berita : tribunnews.com
Sumber foto : Tempo.co

 

 

 

[social_warfare buttons = “Facebook, Pinterest, LinkedIn, Twitter, Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *