Asian Games 2018: Kirim 352 Atlet, Vietnam Incar 3 Emas

Vietnam mengirimkan 352 atlet untuk berlaga di 32 cabang olahraga Asian Games 2018. Menurut Vietnam News, 5 Agustus 2018, Pemerintah Vietnam telah menyiapkan dana kurang lebih Rp 9 miliar untuk mengirim atlet, dokter, ofisial, dan anggota tim delegasi lainnya dengan jumlah lebih dari 500 orang.

Menteri Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Vietnam, Nguyen Ngoc, menargetkan tim Vietnam meraih minimal tiga medali emas. Raihan tersebut diharapkan dapat diwujudkan melalui 11 cabang olahraga termasuk menembak, atletik, angkat besi, dan olahraga bela diri.

Di cabang menembak, Vietnam bakal mengandalkan Hoang Xuan Vinh, atlet peraih medali emas Olimpiade 2016 untuk nomor 10 meter air pistol. Meski nomor tersebut tak bakal dipertandingkan di Asian Games 2018, namun Hoang diprediksi bakal mampu meraih medali emas di nomor 50 meter.

Di cabang atletik, Vietnam memiliki Bui Th Thu Thao, atlet lompat jauh yang mampu meraih medali emas di Kejuaraan Asia tahun lalu. Ia bakal bersaing dengan atlet Indonesia, Maria Natalia Londa, yang mampu meraih emas di nomor lompat jauh putri di ajang Asian Games 2014.

Sedangkan untuk cabang olahraga angkat besi, Vietnam bakal menurunkan Thch Kim Tuan yang mampu meraih medali emas di Kejuaraan Dunia 2017 untuk nomor 56 kilogram. Ia diprediksi bakal mendapatkan persaingan sengit dari lifter Korea Utara, Om Yun Chon, dan lifter asal Cina, Long Qingquan.

Untuk cabang olahraga bela diri, Vietnam mengharapkan medali emas dari atlet wushu jawara Asian Games 2014, Duong Thuy Vi, serta dari beberapa atlet lain di cabang olahraga karate dan pencak silat.

Pada Asian Games 2014 yang digelar di Incheon, Korea Selatan, Vietnam hanya meraih peringkat ke-24 dengan 1 medali emas, 10 perak, dan 25 perunggu. Adapun catatan prestasi terbaik mereka terjadi pada Asian Games 2002 yang digelar di Busan, Korea Selatan. Kala itu, mereka meraih empat emas, tujuh perak, dan tujuh perunggu.

 

 

Sumber Berita : tempo.co
Sumber foto : asiangames.tempo.co

[social_warfare buttons = “Facebook, Pinterest, LinkedIn, Twitter, Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *