Panglima TNI: Data Terus Jumlah Korban Warga Terdampak Gempa

Panglima TNI Hadi Tjahjanto meminta tim penanganan darurat bencana di Lombok terus melakukan inventarisir korban yang membutuhkan pertolongan. Personel TNI akan melakukan perbaikan instalasi air bersih dan juga bantuan tangki air bersih, MCK, yang akan digelar di enam kecamatan di Lombok Utara yang terdampak parah. “Saat ini sudah ada KRI Soeharso dan rumah sakit yang ada di kota,” ujarnya di Lombok Utara, Rabu (8/8).

Hadi menyampaikan, KRI Soeharso merupakan kapal rumah sakit terapung yang bisa dimanfaatkan untuk melayani kebutuhan medis korban. “Kita sudah siapkan pelayanan kesehatan bagi warga terdampak, dan kebutuhan apa disampaikan dan satgas akan melaporkan, prinsipinya kebutuhan warga akan kita tindaklanjuti,” lanjutnya.

Perhatian juga ia tujukan pada wilayah-wilayah yang sulit dijangkau, di mana akan ada penambahan helikopter untuk evakuasi warga. “Enam kecamatan (terdampak) sudah ada petugas yang sudah ada di sana,” katanya menambahkan.

Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengatakan jumlah pasien korban gempa Lombok yang dirawat di rumah sakit di Mataram terus mengalami peningkatan. Menkes menilai korban gempa Lombok membutuhkan tindakan penanganan yang segera. “266 pasien di rumah sakit, 139 di antaranya harus operasi umumnya patah tulang,” ujarnya.

Ia menyampaikan, ratusan dokter dari spesifikasi bidang ortopedi maupun spesialis mulai berdatangan dari sejumlah daerah untuk memberikan pelayanan medis terhadap korban gempa. Menkes menyebutkan, fasilitas kesehatan di Lombok Utara mengalami kerusakan besar, di mana sembilan puskesmas dan satu rumah sakit umum daerah (RSUD) Lombok Utara hancur akibat gempa.

“Mereka (pasien) yang memerlukan rujukan (dibawa) ke Mataram. Sekarang juga sudah datang kapal Soeharso, dan RSUD NTB juga cukup besar dan memadai,” lanjutnya. Ia melanjutkan, tim penanganan darurat bencana juga telah menyediakan posko kesehatan di Posko Utama yang berada di Kantor Bupati Lombok Utara di Tanjung. “Setelah ini rekonstruksi dan termasuk trauma healing yang penting dalam menangani efek psikologis masyarakat,” katanya menambahkan.

 

 

 

 

Sumber Berita : replubika.com
Sumber foto : StatusAceh

 

 

 

[social_warfare buttons = “Facebook, Pinterest, LinkedIn, Twitter, Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *