Suhu 40 Derajat, Puluhan Orang Tewas di Jepang

Puluhan orang tewas di berbagai lokasi di Jepang sementara negara tersebut terus dihantam oleh suhu yang luar biasa panas.

Setidaknya 44 orang tewas sejak 9 Juli lalu, 11 di antaranya kritis pada Sabtu, kata Kyodo News sebagaimana dikutip CNN. Menurut laporan itu, suhu bertahan di sekitar 38 derajat celsius di pusat Tokyo, Senin (23/7).

Badan Meteorologi Jepang telah memperkirakan temperatur ekstrem–melebihi 35 derajat–untuk sebagian besar Honshu, Shikoku dan Kyushu. Hanya bagian utara Hokkaido yang aman dari fenomena ini.

Pada Minggu, suhu di siang hari mencapai 39,5 derajat di Nagoya, pusat Jepang, hampir menyentuh rekor tertinggi di kota tersebut dan 10 derajat lebih tinggi dari suhu musim panas rata-rata.

“Potensi sakit karena panas lebih tinggi dari biasanya,” kata badan meteorologi. Institusi itu juga mengimbau warga untuk melakukan sejumlah langkah, termasuk meminum banyak air, menjauhi sinar matahari langsung dan menggunakan pendingin ruangan.

Menurut analis AccuWeather, Joel N Myers, jumlah kematian “kemungkinan sudah mencapai ratusan” meski angka resmi ada di puluhan. Menurutnya, kemungkinan masih akan ada lebih banyak korban jiwa setelah ini.

“Orang tua dan mereka yang mempunyai kondisi terdahulu, seperti asthma dan gagal jantung, kemungkinan mengalami penurunan kondisi karena cuaca,” kata dia.

“Kelelahan karena panas dan stroke, dehidrasi, migrain, kurang tidur dan pergantian suasana hati bisa terjadi karena bahaya panas. Data menunjukkan lebih banyak orang terlibat dalam kecelakaan karena panas.”

 

 

 

Sumber Berita : CNN Indonesia
Sumber foto : Tribunnews.com

[social_warfare buttons = “Facebook, Pinterest, LinkedIn, Twitter, Total”]

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *