Jusuf Kalla Inginkan Integrasi Antarlembaga Pengawas Anggaran Negara

Wakil Presiden Jusuf Kalla menginginkan adanya integrasi antarlembaga yang bertugas melakukan pengawasan anggaran. Hal ini demi efektivitas berlangsungnya pembangunan. Ia menilai bahwa Indonesia sebenarnya telah memiliki banyak lembaga pengawasan, mulai dari BPKP, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), berbagai direktorat jenderal, kejaksaan, hingga kepolisian.

“Jadi dari segi pengawasan tidak kurang, tapi perlu ada suatu sinkronisasi antara semua itu”, kata Kalla saat memberi sambutan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2018 di Kantor BPKP, Jakarta, Selasa (17/6/2018).

Ia menjelaskan bahwa tanpa integrasi tersebut, para pimpinan daerah atau instansi kebingungan karena diperiksa berulang kali oleh beberapa lembaga yang berbeda.

“Itulah saya harapkan ada kerja sama yang baik, sinkron antara BPK dan BPKP, kemudian juga dengan Dirjen, pembangunan pun berjalan lancar dengan tidak menghabiskan waktu, (karena) diawasi oleh berbagai instansi, diperiksa oleh berbagai instansi,” ucap Kalla. Ia menambahkan bahwa selain bekerja sama, para lembaga tersebut perlu saling memercayai dan mengawasi jika terdapat hal-hal yang mencurigakan.

 

 

 

 

sumber berita: kompas.com
sumer foto: Nasional Kompas

 

[social_warfare buttons = “Facebook, Pinterest, LinkedIn, Twitter, Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *