Yen turun ke level terendah satu bulan terhadap dolar AS
30 Mei 2016 09:10:44
Yen turun ke level terendah satu bulan terhadap dolar setelah seorang pembantu Perdana Menteri Shinzo Abe mengatakan Jepang perlu menunda kenaikan pajak penjualan yang dijadwalkan untuk tahun depan, menekankan perlunya bagi pemerintah untuk menopang pertumbuhan ekonomi.

Mata uang Jepang turun untuk hari kedua terhadap dolar setelah komentar oleh Federal Reserve Ketua Janet Yellen pada hari Jumat bahwa kenaikan suku bunga dalam beberapa bulan mendatang "sudah tepat."

Dolar naik terhadap
16 mata uang utama setelah taruhan bullish pada mata uang melonjak terbesar sejak November pekan lalu di tengah aliran komentar dari pejabat Fed mendukung kenaikan suku bunga pada bulan Juni.

"Ada kelanjutan dari short-covering dari posisi dolar-yen," kata Yousuke Hosokawa, kepala tim penjualan mata uang di Sumitomo Mitsui Trust Bank di Tokyo. "Ini bukan bahwa ada kejutan apapun, tapi itu komentar terbaru mendukung spekulasi yang sudah berkembang di pasar" tentang penundaan pajak dan tarif AS yang lebih tinggi, katanya.

Yen melemah 0,5 persen menjadi 110,86 per dolar, setelah terdepresiasi 0,5 persen pada Jumat lalu. Turun serendah 110,88 Senin, terendah sejak 28 April Mata uang Jepang turun 0,4 persen menjadi 123,09 per euro.

Pemerintah Jepang mungkin akan menunda menaikkan pajak karena itu perlu mengutamakan pertumbuhan ekonomi, Abe pembantu Hakubun Shimomura mengatakan di televisi Fuji pada hari Minggu. Data pada Senin menunjukkan pertumbuhan penjualan ritel terhenti pada bulan April dari bulan sebelumnya, mendukung kasus untuk penundaan.


ACCOUNT SELECTION

REGISTER   NOW REGISTER   NOW   册
MEMBER   LOGIN

PORTAL LOGIN

Register   |   Demo   |   Login