Dolar Kanada dan Australia melemah setelah pertemuan OPEC
18 April 2016 09:41:48
Dolar Kanada dan Australia turun setelah minyak mentah turun karena negara penghasil minyak gagal mencapai kesepakatan untuk membekukan output. Yen, yang digunakan oleh investor sebagai safe haven, naik ke level tertinggi 17-bulan.

Mata uang Australia, Kanada, Malaysia dan Norwegia semua turun hingga 0,6 persen setelah perundingan di Doha berakhir tanpa kesepakatan dari OPEC dan produsen minyak lainnya untuk membekukan pasokan.

Pedagang valuta asing mencari keselamatan mata uang Jepang sebagai kegagalan diplomatik mengancam untuk mengirim minyak mentah kembali menuju posisi terendah lebih dari 13 tahun yang dicapai pada bulan Februari. Para pemimpin dunia pada akhir pekan lalu mengisyaratkan penentangan terhadap setiap upaya dari Jepang untuk langsung menghentikan penguatan 11 persen yen tahun ini.

"Kurangnya kesepakatan dari Doha telah memukul mata uang komoditas yang lebih rendah," kata Robert Rennie, kepala global mata uang dan strategi komoditas di Westpac Banking Corp di Sydney. "Prospek lain putaran jangka dekat pembicaraan muncul terbatas menjelang pertemuan Juni OPEC."

Dolar Australia turun 0,8 persen menjadi 76,65 sen AS, ditetapkan untuk penurunan terbesar sejak 7 April, Dolar Kanada turun 1 persen menjadi C $ 1,2952 per dolar. Minyak mentah berjangka turun sebanyak 6,8 persen di New York, penurunan intraday terbesar sejak 1 Februari

Kurangnya kesepakatan pada Doha menyoroti perpecahan mendalam antara anggota OPEC dalam Arab Saudi, kata Rennie. Aussie harus terus mendukung dari sekitar 75,75 sen menjadi 76 sen setidaknya sampai hari berikutnya atau lebih, katanya.

Yen menguat 0,6 persen menjadi 108,16 per dolar, dan menyentuh level 107,77. Mencapai 107,63 pada 11 April, terkuat sejak Oktober 2014.

Hedge fund dan spekulan besar lainnya mendorong bertaruh pada kekuatan yen ke rekor pekan lalu karena pemerintah Jepang tampak enggan untuk campur tangan untuk membalikkan penguatan mata uang.


ACCOUNT SELECTION

REGISTER   NOW REGISTER   NOW   册
MEMBER   LOGIN

PORTAL LOGIN

Register   |   Demo   |   Login