Saham google memciptakan struktur baru yang diberi nama Alphabet
11 Agustus 2015 09:59:29
Google Inc (O: GOOGL) mengumumkan perombakan struktur operasi pada hari Senin, menciptakan sebuah perusahaan holding yang disebut Alphabet yang merupakan anak perusahaan dan memisahkan bisnis inti iklan web dari usaha baru seperti mobil driverless.

Langkah ini tampaknya merupakan upaya raksasa mesin pencari untuk fokus pada proyek-proyek kreatif dan ambisius yang lebih, sementara investor bersorak potensi pada kelebihan keuangan pada segmen yang berbeda.

"Ini menunjukkan bahwa kemungkinan besar, Google tidak akan memperlambat laju proses eksperimental mereka seperti mobil self-driving," kata Michael Yoshikami, kepala Destination Wealth Management, yang memiliki $ 1500000000 di bawah manajemen.

Kabar mengejutkan mengirim saham Google naik sebanyak 7 persen menjadi $ 708 setelah jam perdagangan.

Struktur baru ini juga bisa memberikan Wall Street yang lebih baik pada investasi Google di proyek-proyek seperti Google X, laboratorium rahasia yang menghasilkan Google Kaca perangkat dapat dipakai.

"Mereka sadar bahwa mereka punya banyak perusahaan," kata Roger Kay, analis Endpoint Technologies Associates. "Mungkin lebih baik untuk menyortir mereka keluar sedikit dan membuatnya lebih jelas mana yang membawa daging dan mana yang proyek ilmu pengetahuan dan mana yang taruhan jangka panjang."

Perusahaan Mountain View berbasis co-didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 1998 telah berkembang dari sebuah mesin pencari Internet untuk konglomerat jauh yang mempekerjakan lebih dari 40.000 orang di seluruh dunia.

Struktur direncanakan Google menyerupai cara perusahaan seperti Berkshire Hathaway (N: BRKa) dan General Electric (N: GE) yang diselenggarakan, dengan unit pusat penanganan kegiatan perusahaan seperti keuangan dan unit bisnis yang relatif independen difokuskan pada daerah-daerah tertentu.

Di bawah struktur perusahaan baru, unit Google akan mencakup mesin pencari inti serta Google Maps dan YouTube.

Selain Google X, usaha baru perusahaan seperti Calico, yang berfokus pada umur panjang, dan produk rumah terhubung pembuat Nest akan dikelola secara terpisah.

Unit lain yang merupakan bagian dari struktur baru termasuk Fiber, untuk usaha internet kecepatan tinggi, usaha lengan modal Google Ventures, dan Google Capital, yang berinvestasi di perusahaan teknologi besar.


ACCOUNT SELECTION

REGISTER   NOW REGISTER   NOW   册
MEMBER   LOGIN

PORTAL LOGIN

Register   |   Demo   |   Login